Nugraha Pratama

Nugraha Pratama
Blog of Sketch Journal about Jakarta

20/03/13

BEMO Rasa Baru

"Nah, itu mas orangnya... itu yang kepalanya plontos pakai kaos badannya besar. Dia tuh orang dibalik bemo ini." Seru salah seorang anggota Paguyuban Bemo Jakarta (PBJ) sambil menunjuk kearah Enrico Halim. Proyeknya yang satu ini dinamai Bio Bemo. Bemo yang satu ini tidak lagi mengeluarkan asap dan berisik, karena bemo ini bertenaga listrik.


Jurnal : BioBemo di Balai Kota | Tinta dan cat air di atas kertas| 18.5 x 18.5 cm | 2013

"Bemo ini lebih enak dan nyaman juga irit" Jelas salah satu anggota PBJ yang juga pernah menjajal bemo listrik ini. Perbedaan selain sumber tenaganya adalah bahan dasar body dari bemo ini berbahan fiber, berbeda dengan bemo buatan daihatsu yang menggunakan bahan plat sebagai body-nya guna untuk memperingan beban. karena secara logika kerja dinamo tidak sekuat kerja bemo pendahulunya. Ya, itu juga pertanyaan yang mayoritas dilontarkan sopir Bemo di bendungan hilir. "Bagaimana jika mengangkut penumpang ?" begitulah inti pertanyaan mayoritas dari mereka. saya empat menanyakan ini langsung ke Enrico sendiri via message fb. berikut kutipan jawaban dari Enrico :

NP : mas enrico, keren aku udah liat page bio bemomu. banyak pertanyaan nih, salah satunya listrik yg dihasilkan bemo itukan berasal dari dinamo, apakah tenaga dinamo kuat mengangkut penumpang yang setara dengan bemo yang sekarang ada ?
oh iya pertanyaan ini mewakili beberapa pertanyaan sopir bemo yang kemarin aku sempat ngobrol sama mereka di pasar bendhil 

EH : Halo Mas Nugraha,
Ya, itu pertanyaan yang juga terlontar pada saat BioBemo mampir ke pangkalan Benhil dekat kali.
Memang masih harus diuji secara benar untuk menjawab pertanyaan itu. Kemarin baru dicoba dengan mengangkut enam orang dewasa di belakang dan 10 anak2.. belum bermasalah.
Menurut teori, beban yang dapat diangkut oleh motor 10KW itu sebesar 1,100 Kg.
Terima kasih mas..

Selain masalah penumpang tersebut, salah seorang anggota PBJ juga sempat curhat mengenai kinerja bemo ini, yaitu masa aktif baterai nya. Kini bemo ini bisa mencapai 40km untuk satu kali cas, sedangkan menurut pengakuan salah seorang anggota PBJ tersebut mereka membutuhkan tenaga yang bisa mencapai hingga 80km. 
Semoga proses perizinan bemo ini bisa berjalan lancar sehingga bisa terus disempurnakan. Semoga bemo ini bisa turut mewarnai ramainya jalanan Jakarta. 

untuk mengikuti keseharian BEMO ini bisa mengunjungi :
biobemo.tumblr.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar