Nugraha Pratama

Nugraha Pratama
Blog of Sketch Journal about Jakarta

08/05/12

Sharing : Pembagian Aquarelle

Menepati janji saya kemarin untuk melanjutkan sharing secara personal mengenai pengalaman dan media, kali ini masih berkutat di Aquarelle (kertas cat air) selamat bertukar pikiran, kawan !

Tipe Kertas
Kertas cat air (Aquarelle) yang baik terbuat dari “linen rag” murni, harganya relatif sangat mahal, kalau untuk pemula yang mungkin masih ragu menggunakannya bisa menggunakan kertas-kertas buatan mesin yang tersedia di took-toko alat lukis di sekitar tempat tinggal kalian. Ada beberapa macam brand/merk mereka semua memiliki variasi yang berbeda lagi. Tapi diantara perbedaan itu bisa kita bagi menjadi 3 variasi.


Untuk ukuran lebih besar, gambar ini bisa di preview sendiri (silahkan diunduh)



Berat dan Kualitas Kertas
Kertas cat air memiliki variasi gramatur, gramatur ini sangat berpengaruh dengan kadar air dan juga berpengaruh saat meratakan kertas. Saya mengelompokkan kertas-kertas tersebut dari ukuran beratnya, contoh :
-       Mulai dari 160 gsm = Ringan
-       Lalu 250 gsm = Sedang
-       Sekitar 400 gsm = Kuat
-       Dan 600 gsm = Sangat Kuat.
Secara umum kertas cat air 400 gsm bisa digunakan tanpa perlu di “streching”. Namun sekitar 250 gsm masih butuh di “stretching”.


Untuk ukuran lebih besar, gambar ini bisa di preview sendiri (silahkan diunduh)



Menemukan Sisi yang Benar
Sebenarnya sisi yang benar belum tentu sisi terbaik, sekali lagi ketika menggambar kalian hanya butuh maksimal. Tapi saya mau share untuk menemukan sisi yang benar dalam artian yang di tunjukan untuk dipakai (dianjurkan).
Tidak semua kertas memiliki watermark. Tapi ketika mereka memilikinya itulah penunjuk mana sisi yang dianjurkan dan mana sisi yang tidak dianjurkan. Untuk melihat dengan jelas, bentangkanlah kertas, jika anda bisa melihat watermark dari kertas itu dengan baik dan benar (tidak terbalik) maka itulah sisi yang benar.

Menggunakan Watercolour Board
Sebenarnya saya belum pernah mencoba media ini, saya tahu media ini melalui beberapa buku dan blog. Yang saya ketahui watercolor board di anjurkan bagi kalian yang tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan “stretching” pada kertas anda.


# Materi "Sharing : Pembagian Aquarelle" selain dari pengalaman sendiri juga dikutip dari banyak sumber seperti : Encyclopedia of Watercolor techniques (Diana Craig & Hazel Harrison)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar